Ketua Dekranasda NTB Hadiri Pameran KriyaNusa 2024

NTB – Penjabat Ketua Dekranasda NTB, Ibu Dessy Hassanudin, menghadiri pembukaan Pameran KriyaNusa 2024 yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) Indonesia. Acara pembukaan ini dilakukan secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Ibu Wury Ma’ruf Amin, di JCC Senayan, Jakarta, pada Rabu (28/8/2024).

Pameran tahun ini mengusung tema ‘Pengrajin Muda Lestarikan Warisan Budaya’ yang mencerminkan upaya Dekranas untuk meneruskan tradisi warisan leluhur kepada generasi muda. “Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah Indonesia yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan tapi juga nilai-nilai dan identitas bangsa,” ujar Wury Ma’ruf Amin dalam pidatonya.

Pameran ini membuka peluang bagi produk-produk industri kreatif Indonesia untuk bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional. Setelah acara pembukaan, Wury Ma’ruf Amin melakukan penyiraman pohon yang disaksikan oleh Tri Tito Karnavian, Yantie Isfandiary Airlangga, Siti Farida Pratikno, Elizabeth Thohir, dan Zubir Akmal.

Pameran KriyaNusa 2024 menampilkan 420 stan kriya, dengan sekitar 30 persen di antaranya diisi oleh perajin muda, serta 24 stan kuliner. Acara ini berlangsung di JCC dari 28 Agustus hingga 1 September 2024. Pameran ini telah menjadi salah satu ikon pameran kerajinan terbesar di Indonesia, melibatkan UMKM binaan Dekranas dari seluruh Indonesia.

Sebagai pameran kolaboratif, KriyaNusa melibatkan berbagai pihak, termasuk kementerian, BUMN, dan individu terkait, dengan menampilkan produk kriya yang menggunakan bahan dasar lokal, original, dan otentik dari Indonesia.