Ibu Dessy Hassanudin Membuka Bimbingan Teknis Manajemen Gelari Pelangi untuk Tingkat Provinsi NTB

NTB – Penjabat Ketua TP PKK NTB, Ibu Dessy Hassanudin, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Gelari Pelangi Tingkat Provinsi NTB di aula Kantor PKK NTB pada Senin, 19 Agustus 2024.

Gelari Pelangi, bagian dari Gerakan Keluarga Indonesia, merupakan inisiatif Tim Penggerak PKK untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi masyarakat.

Dalam acara tersebut, Ibu Dessy Hassanudin menekankan pentingnya menjauhi praktik riba dalam pelaksanaan Gelari Pelangi di setiap kabupaten dan kota. TP PKK NTB berencana membentuk proyek percontohan Gelari Pelangi di berbagai daerah.

Ibu Dessy menjelaskan bahwa Tim PKK NTB melalui kelompok kerja (Pokja) 2 fokus pada pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pokja 2 TP PKK NTB telah membentuk kelompok usaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga, atau UP2K PKK.

“UP2K PKK adalah kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga, baik individu maupun kelompok, dengan modal dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, atau bantuan sah yang tidak mengikat,” jelasnya.

Ibu Dessy menambahkan, “Sebaiknya kita tidak meminjamkan uang sebagai modal. Jika diperlukan modal, lebih baik kita menyediakan barang yang dibutuhkan, sehingga kita ‘belanja barang’ bukan ‘belanja uang’.”

Di akhir sambutannya, Ibu Dessy berharap Gelari Pelangi dapat diterapkan dengan efektif di masyarakat, dan kegiatan PKK dapat memberikan manfaat nyata bagi lingkungan. “Selamat mengikuti pelatihan. Harapan saya adalah kesuksesan Gelari Pelangi di masing-masing daerah,” tutupnya.