NTB Mendukung Promosi PON XXI Aceh-Sumut 2024

NTB – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat, Dr. Najamuddin Amy, SSos, MM, menyatakan komitmennya untuk mendukung publikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. “NTB siap mendukung publikasi dan penyebarluasan informasi tentang penyelenggaraan PON ke-21 di Aceh dan Sumut,” ujarnya setelah mengikuti Zoom Meeting Publikasi dan Diseminasi Penyelenggaraan PON XXI di kantor Dinas Kominfotik, Mataram, Rabu (04/09).

Rapat tersebut dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Aang Wirasta Rofik, yang menjelaskan bahwa Kemendagri telah melaksanakan berbagai upaya untuk kesuksesan event empat tahunan ini. Salah satu langkah tersebut adalah penerbitan Surat Edaran (SE) Mendagri tanggal 5 Agustus 2024, yang mengimbau kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk mendukung penyelenggaraan PON XXI. “Dukungan tersebut mencakup publikasi di setiap provinsi dan kabupaten/kota, persiapan atlet, dan dukungan lainnya,” ujarnya.

Aang juga menekankan pentingnya dukungan media massa untuk publikasi PON XXI.

Tirto Prima Putra, Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Wilayah Aceh, menginformasikan bahwa sekitar 563 wartawan telah mendaftar untuk meliput acara di Aceh. “Siaran langsung akan dilakukan oleh MNC TV untuk pertandingan sepak bola, voli, biliar, dan kickboxing, sementara TVRI akan menyiarkan pertandingan karate, wushu, dan bulutangkis,” jelas Tirto. Ia menambahkan bahwa meskipun beberapa cabang olahraga sudah memiliki hak siar, media tetap diperbolehkan untuk meliput berita dengan cuplikan gambar/video.

Tirto juga mengajak semua pihak untuk bekerja dengan narasi bersama, antara lain: PON sebagai puncak olahraga Tanah Air dengan tujuan mencetak atlet juara dunia dari Indonesia, memperkuat kebersamaan untuk meraih prestasi tertinggi, dan mendukung promosi sport tourism serta sport industry.

Sementara itu, Ketua Panwasrah KONI Pusat Bidang Humas Wilayah Sumut, Raja Pane, memastikan bahwa Media Center Utama akan berada di Hotel Santika, Medan, dengan fasilitas yang memadai di sejumlah venue. Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus, yang juga Ketua Bidang Humas, Publikasi, Informasi, dan Teknologi PB PON Sumut, menyebutkan adanya 20 media center di 38 venue di Sumut yang terhubung dengan media center di Aceh.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Dinas Dispora NTB dan dinas terkait dari kabupaten/kota se-NTB serta daerah peserta PON XXI Aceh-Sumut.