Ketua Umum Dekranas Mengunjungi Stand Pameran Dekranasda NTB di KriyaNusa 2024

NTB – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Ibu Wury Ma’ruf Amin, mengunjungi stand Dekranasda Provinsi NTB pada Pameran Kerajinan Nusantara 2024 atau KriyaNusa, yang diselenggarakan oleh DEKRANAS di JCC Senayan, Jakarta, pada Rabu (28/8/2024). Di acara ini, Dekranasda NTB menampilkan berbagai produk dari UMKM lokal, termasuk kerajinan ketak, tenun, dan mutiara.

Stand NTB didampingi oleh Penjabat Ketua Dekranasda NTB, Ibu Dessy Hassanudin, bersama Wakil Dekranasda H. Lale Priyatni Gita Ariadi dan timnya. Pameran ini resmi dibuka oleh Ibu Wury Ma’ruf Amin, yang menjelaskan bahwa tema tahun ini adalah ‘Pengrajin Muda Lestarikan Warisan Budaya’. Tema tersebut mencerminkan upaya Dekranas dalam melestarikan tradisi warisan leluhur kepada generasi muda.

“Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah Indonesia yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan tapi juga nilai-nilai dan identitas bangsa,” kata Wury Ma’ruf Amin saat pembukaan.

Pameran ini memberikan kesempatan bagi produk industri kreatif Indonesia untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional. Pembukaan acara dilanjutkan dengan penyiraman pohon oleh Wury Ma’ruf Amin, didampingi oleh Tri Tito Karnavian, Yantie Isfandiary Airlangga, Siti Farida Pratikno, Elizabeth Thohir, dan Zubir Akmal.

Pameran KriyaNusa 2024 menampilkan 420 stan kriya, dengan sekitar 30 persen di antaranya diisi oleh perajin muda, serta 24 stan kuliner. Acara ini berlangsung dari 28 Agustus hingga 1 September 2024 di JCC. KriyaNusa, sebagai pameran kerajinan terbesar di Indonesia, melibatkan UMKM dari seluruh Indonesia dan menampilkan produk berbahan dasar lokal yang original dan otentik.