UMKM Capai Omset Ratusan Juta, KK NTB X LSTF 2024 Berhasil Diselenggarakan

NTB – Gelaran Karya Kreatif NTB (KK NTB) dan Lombok Sumbawa Tenun Festival (LSTF) Tahun 2024 resmi berakhir hari ini. Pj Gubernur NTB diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi NTB, H. Wirawan Ahmad, memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia Provinsi NTB sebagai penyelenggara acara. “Banyak transaksi yang menguntungkan UMKM kita. Ini adalah aksi nyata dan dedikasi serta sumbangsih Bank Indonesia untuk melakukan transformasi ekonomi,” ungkap Wirawan saat menutup acara di Atrium Lombok Epicentrum Mall pada Minggu, 25 Agustus 2024.

Wirawan menjelaskan bahwa dengan memberdayakan UMKM, perekonomian NTB tidak lagi bergantung pada sektor pertambangan dan pertanian. Pemerintah Provinsi NTB bekerja sama dengan Bank Indonesia terus mendukung UMKM melalui pembinaan, peningkatan kualitas produk, pemasaran, dan akses permodalan. “Nanti di endingnya kita dorong UMKM untuk naik kelas melalui integrasi yang kita lakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB, Winda Putri Listya, menyatakan bahwa KK NTB X LSTF 2024 sukses besar. Acara yang berlangsung seminggu ini mencatat keuntungan lebih dari 280 juta rupiah dari penjualan UMKM, belum termasuk penjualan online. “Hasil penjualan UMKM yang mengikuti acara ini lebih dari 280 juta, ini masih belum termasuk yang dijual online,” jelasnya.

Winda juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat NTB, Pj Gubernur NTB, dan Pemprov NTB atas dukungannya. “Kami sangat bersyukur dukungan masyarakat yang luar biasa termasuk Pj Gubernur yang hadir dalam acara sampai 4 kali, terima kasih untuk seluruh panitia yang luar biasa,” katanya. Ia berharap kolaborasi akan terus berlanjut untuk memajukan wastra dan kriya di NTB sehingga UMKM terus berkembang dan menggerakkan perekonomian daerah, bangsa, dan negara.