Habib Fadli: Klaim Dukungan Yatofa untuk Iqbal-Dinda Merupakan Berita Palsu

NTB Relawan Semeton Zul-Uhel menegaskan bahwa kabar mengenai dukungan Yatofa Bodak kepada pasangan Lalu Muhammad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) dalam Pilgub NTB 2024 adalah tidak benar. Sekretaris Jenderal Relawan Semeton Zul-Uhel, Lalu Habib Fadli, menjelaskan bahwa informasi tersebut adalah klaim sepihak tanpa dasar yang kuat.

“Isu dukungan itu adalah hoaks. Agenda Iqbal hanya untuk bersilaturahmi; tidak ada pernyataan dari Abah Fadli tentang dukungan untuk Iqbal, apalagi melibatkan jemaah Yatofa,” tegas Lalu Habib Fadli, yang lebih dikenal dengan panggilan Bang Abi, pada Selasa (6/8/2024).

Ia juga menambahkan bahwa pertemuan antara Iqbal dan TGH Fadli Fadil Tohir, atau Tuan Guru Bodak, dilakukan secara tertutup dan tidak ada informasi mengenai pembicaraan politik mereka. Lalu Habib Fadli memastikan bahwa TGH Fadli tetap akan mendukung TGH Suhaili FT.

Habib Fadli mengingatkan bahwa hubungan antara TGH Fadli dan TGH Suhaili sudah terjalin sejak 2004, dan dukungan Yatofa Bodak selalu ada untuk Suhaili, baik ketika Suhaili mencalonkan diri sebagai anggota DPRD NTB maupun sebagai Bupati Lombok Tengah. Pada Pilgub NTB 2018, Suhaili, yang berpasangan dengan Muhammad Amin, juga mendapat restu dari TGH Fadli.

“Kedekatan Suhaili dengan TGH Fadli tidak bisa diragukan. Sebagai seorang king maker, TGH Fadli tidak mungkin meninggalkan adiknya yang selalu mendampinginya dalam berbagai kontestasi politik selama 20 tahun terakhir,” jelas Habib Fadli.

Habib Fadli juga menekankan bahwa TGH Suhaili memahami karakter TGH Fadli dengan baik. Ini terbukti saat Zul meminta Suhaili menjadi wakilnya pada Mei 2024, di mana Suhaili meminta Zulkieflimansyah untuk mendapatkan restu langsung dari TGH Fadli. “Dalam keluarga besar Bodak, adab adalah hal yang utama,” tutupnya.